Wednesday, January 4, 2012

Tips Sederhana Mengatasi Insomnia

Tips Sederhana Mengatasi Insomnia sebagai berikut.
Mengatasi insomnia -  Para dokter dari University of Pittsburgh School of  Medicine telah melakukan suatu eksperimen untuk mengatasi pasien yang menderita insomnia. Bagaimanakah hasilnya?  Mereka kini telah mendapatkan cara untuk mengatasi Insomnia atau sulit tidur dengan tehnik yang tergolong sangat sederhana.
 
 

Tips Mudah Mengatasi Insomnia

Mencukupi kebutuhan tidur, setidaknya delapan jam per hari.
Sembilan jam sebelum tidur, sebaiknya hindari konsumsi minuman penambah energi maupun yang mengandung kafein seperti kopi, teh. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.
Membuang kebiasaan merokok, meski kandungan nikotin yang ada pada rokok hanya bekerja selama 30 menit, namun nikotin ini memiliki zat adiksi yang kuat, sehingga orang yang sudah kecanduan rokok bisa-bisa tengah malam terbangun hanya karena ingin merokok dan tentu saja ini mengganggu tidur.
Jangan mengonsumsi alkohol, karena alkohol bisa memberi efek ingin buang air kecil terus menerus pada malam hari.
Makan dan minum secukupnya, supaya tidak kekenyangan dan kelaparan pada malam hari.
Sebaiknya olahraga (gym) jangan dilakukan pada malam hari! Disarankan tiga jam sebelum tidur, Anda sudah selesai berolahraga.

Satu jam sebelum tidur, tinggalkan semua pekerjaan danbiasakan untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan namun bersifat santai seperti mendengarkan musik.
Jangan pergi ke tempat tidur jika dirasa belum mengantuk dan benar-benar ingin tidur. Oleh karenanya jika sudah benar-benar mengantuk barulah naik ke tempat tidur. Jangan melakukan kegiatan apapun di tempat tidur selain tidur dan berhubungan intim dengan pasangan.

Jika insomia berlangsung setiap malam dan mulai mengganggu kerja dan aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter akan membantu menemukan penyebab insomia dan akan mengobati seperlunya.

Jangan minum obat tidur tanpa nasihat dari dokter. Obat tersebut mungkin akan mengurangi sedikit keluhan tetapi penggunaan secara terus-menerus dengan jangka waktu yang lama akan menyebabkan adiksi (ketagihan). demikian ulasan mengenai Cara Sederhana Mengatasi Insomnia
insomnia2 Cara mudah mengatasi insomnia

Cara Alami Mengatasi Insomnia (sulit tidur)

Menghembuskan udara dingin ke arah muka ternyata juga membantu pasien insomnia untuk dapat tertidur pulas.

"Penemuan paling berarti dari studi ini adalah bahwa kita bisa mendapatkan dampak yang menguntungkan bagi penderita insomnia melalui mekanisme yang aman, dan mudah disediakan di rumah," papar Dr Eric Nofzinger, salah satu tim peneliti.

Meskipun demikian, ide memakai headcap berisi air dingin ini mungkin tidak semudah kedengarannya. Misalnya, seberapa dingin suhunya? Selain itu, kebanyakan dari kita tentu merasa tidak nyaman saat menempelkan sesuatu yang dingin pada kepala, apalagi di tempat tidur.
Dalam penelitian dua tahun sebelumnya, para spesialis masalah tidur di Inggris pernah menyarankan cara yang lebih simpel untuk mendinginkan tubuh.

Menurut profesor Jim Horne dari Loughborough University, Anda bisa meletakkan kipas angin di samping tempat tidur untuk menghembuskan udara dingin ke arah muka. Begitu darah yang dingin dari pipi mengalir ke jantung, darah akan mengalir sepanjang arteri sambil membawa darah yang lebih hangat ke arah lain dari otak.

ALASAN IMSONIA

Pengidap insomnia memiliki aktivitas otak yang lebih tinggi

Didalam eksperimen yang telah dilakukan, sebanyak 12 pengidap insomnia primer (yang mengalami kesulitan tidur akibat stres) dan 12 pasien dengan kesehatan yang terkontrol, diberi tudung plastik yang berisi air dingin di kulit kepala dan dahi. Faktanya, ternyata pengidap insomnia diketahui memiliki aktivitas otak yang lebih tinggi dari pada mereka yang tak punya gangguan tidur.

Tudung ini ternyata mampu menurunkan suhu prefrontal cortex, bagian otak yang mendorong untuk tidur lelap. Akibatnya, aktivitas otak melambat, dan mendorongnya untuk beristirahat.

Setelah mengenakan tudung khusus tersebut, para pengidap insomnia ini tertidur dengan cepat. Mereka hanya butuh 13 menit untuk tertidur, yang artinya bahkan lebih cepat daripada pasien yang sehat (yang membutuhkan rata-rata 16 menit untuk terlelap). Kedua kelompok responden ini juga menghabiskan 89 persen dari waktu mereka di tempat tidur untuk tertidur lelap.

 

Admin 04 Jan, 2012
-
Source: http://lubang-kecil.blogspot.com/2012/01/tips-sederhana-mengatasi-insomnia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mampir di BLog ane
bila Berkenan, Komen yah tapi jgn spam ^^

Bila anda Mengopi artikel-artikel yang ada pada blog ini
Mohon disertekan Sumbernya agar Blog indonesia maju dan bebas dari Plagitisme ^^

 
Site Meter