Monday, January 2, 2012

Krisis Eropa Selesai 10 Tahun Lagi

Akibat kebijakan yang akan diambil negara-negara di Eropa untuk menyelamatkan krisis kawasan Uni Eropa. Separuh dari negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa yaitu sebanyak 21 negara akan mengalami resesi pada 2012.

Kepala Ekonom PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistyaningsih mengatakan dalam menyelamatkan krisis yang terjadi diperkirakan negara-negara Uni Eropa akan mengeluarkan dua kebijakan disektor fiskal yaitu dengan penetapan defisit anggaran sebesar 3% dan rasio utang pemerintah sebesar 60%.

Dengan adanya dua kebijakan ini, menurut Lana, 21 negara-negara Eropa akan mengalami resesi.

"Rata sebagian besar negara di Uni Eropa memiliki defisit anggaran sebesar 6,4%, jadi kalau diturunkan akan membuat resesi besar," ujarnya ketika berbincang dengan wartawan, di Jakarta, Kamis (29/12) sore.

Lana menambahkan, keenam negara yang selamat dari resesi karena memiliki defisit lebih rendah atau mendekati 3% adalah Jerman, Bulgarian, Dermark, Finlandia, Luxemberg, Swedia, dan Estonia yang bisa survive.

Sementara untuk kebijkan penurunan utang pemerintah, lanjutnya tidak akan berbeda jauh dengan kebijakan defisit, dimana akan ada lebih dari negara Uni Eropa yang akan mengalami resesi karena rasio utang negara-negara uni Eropa berada di atas 80%.

Jika Uni Eropa memilih untuk tidak mengambil keputusan tersebut maka kawasan tersebut akan bubar dan mengalami kebangkrutan. Selain itu kepercayaan investor global terhadap Eropa akan sangat rendah.

Karena selama ini di Uni Eropa terjadi ketidaksingkronan kebijakan fiskal dan moneter. Dimana kebijakan moneter diambil secara bersamaan oleh European Central Bank (ECB). Sementara kebijakan fiskal dilakukan oleh negara masing-masing.

"Ini seperti simalakama, keputusan apapun yang diambil mereka tetap akan menanggung resiko besar,"tuturnya.

Lana menegaskan jika keputusan itu diambil krisis Eropa tetap tidak akan selesai dalam waktu dekat. Diperkirakan krisis Eropa akan mulai selesai dalam waktu 10-15 tahun kedepan.

by: centroone
:berdukas

kaijomaru 02 Jan, 2012

Mr. X 02 Jan, 2012
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/krisis-eropa-selesai-10-tahun-lagi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mampir di BLog ane
bila Berkenan, Komen yah tapi jgn spam ^^

Bila anda Mengopi artikel-artikel yang ada pada blog ini
Mohon disertekan Sumbernya agar Blog indonesia maju dan bebas dari Plagitisme ^^

 
Site Meter