Friday, January 6, 2012

Iran Ancam Tutup Selat Hormuz, AS-Inggris Deg-degan

http://id.berita.yahoo.com/iran-anca...HRlc3QD;_ylv=3

Ancaman Iran untuk menutup Selat Hormuz ternyata sukses membuat AS dan Inggris cemas. Untuk mengantisipasi gerakan Iran, Amerika pun memulai pengintaiannya dengan pesawat, USS John C Stennis yang berbasis di Bahrain, di selat itu.

Inggris pun ikut panik dengan ikut memperingatkan Iran akan tindakannya menutup Selat Hormuz. Sekretaris Pertahanan Inggris, Philip Hammond, sebelumnya telah menyampaikan akan membantu Amerika menjaga kelancaran pasokan minyak di Selat Hormuz. Ketika berbicara di Washington, dia mengatakan upaya untuk membongkar blokade selat tersebut harus dilakukan. "Karena sepertiga pasokan minyak dunia melawati selat tersebut dan akan mengancam pertumbuhan ekonomi dunia termasuk Eropa," jelas dia.

Inggris, tambah Hammond, telah menyediakan kapal untuk menyisir ranjau yang akan bergabung dengan 25 negara di basis militer Amerika di Bahrain.

Melihat itu Panglima Militer Iran, Jenderal Ataollah Salehi, pun geram. Ia mengatakan Iran tidak akan mengulangi peringatan untuk yang kedua kalinya. "Saya mengingatkan kepada Amerika untuk tidak kembali ke Teluk Persia," tegasnya dalam The Economist, Jumat (6/1) .

Angkatan laut Iran pun menggelar latihan disekitar wilayah yang disebut 'Wilayah 90' itu, sebagai respons terhadap Barat. Kegeraman Iran berawal dari tuduhan Badan Energi Atom Internasional November lalu, dari pengawas PBB yang mengatakan ada indikator bahwa Iran akan membuat senjata nuklir.

naruto500 06 Jan, 2012

Mr. X 06 Jan, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/iran-ancam-tutup-selat-hormuz-as.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mampir di BLog ane
bila Berkenan, Komen yah tapi jgn spam ^^

Bila anda Mengopi artikel-artikel yang ada pada blog ini
Mohon disertekan Sumbernya agar Blog indonesia maju dan bebas dari Plagitisme ^^

 
Site Meter