Friday, January 6, 2012

Ternyata: Teknologi Untuk Produksi Massal Esemka Sudah Dipersiapkan Tim Riset UMS

UMS Kembangkan Mobil Esemka Full Press Body

SOLO (KRjogja.com) - Tim riset mobil nasional Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah menyiapkan dies (alat pencetak) bagian mobil secara full press body. Teknologi ini disiapkan untuk mengantisipasi banyaknya permintaan pasar mobnas Esemka di masa mendatang utamanya untuk jenis mini truk.

Bambang Waluyo F ST MT, ketua tim peneliti mobnas UMS menjelaskan prototipe mini truk yang dikerjakan SMK sekarang masih dilakukan secara manual dengan kenteng. Untuk mengerjakan satu unit mobil dengan cara manual membutuhkan waktu 3 bulan.

"Untuk mengejar produksi harus ditempuh dengan membuat dies atau alat pencetak bagian-bagian bodi," ungkap Bambang, Kamis (5/1).

Pengembangan mobnas Esemka full pess body merupakan riset tahap kedua yang dilakukan UMS. Sekarang telah dibuat dies atau alat pencetak casis di PT Baja Kurnia Ceper Klaten. Diperkirakan pada bulan Juni dies sudah jadi dan Juli mulai bisa dipakai untuk produksi. Teknologi full press body tidak saja mempercepat pekerjaan, tapi hasilnya jauh lebih halus.

Hasil riset pengembangan teknologi full press body UMS nantinya akan dipakai 23 SMK yang kini dipercaya memproduksi mobnas Esemka. Untuk mengerjakan seluruh komponen mobil secara full press body memang mahal, disamping jumlahnya banyak. Pernah dihitung satu unit mobil membutuhkan lebih dari 900 dies.

"Untuk tahap awal kita seleksi bagian yang penting untuk dibuatkan dies," kata Bambang. (Qom)

Sumber

Mantab gan, sekarang tinggal menunggu dukungan pemerintah terutama dari Kementerian Perhubungan untuk memperlancar masalah perijinan. Sama cari investor untuk mendanai.

Semoga segera terwujud. Bangga ane klo Solo jadi pusat produksi Mobnas.

spongesbob 06 Jan, 2012

Admin 06 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/ternyata-teknologi-untuk-produksi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mampir di BLog ane
bila Berkenan, Komen yah tapi jgn spam ^^

Bila anda Mengopi artikel-artikel yang ada pada blog ini
Mohon disertekan Sumbernya agar Blog indonesia maju dan bebas dari Plagitisme ^^

 
Site Meter